Minggu, 01 Mei 2011

PT Bakrie Life




PT Asuransi Jiwa Bakrie (’Bakrie Life’) berdiri tahun 1996 berkedudukan di Jakarta. Bakrie Life bergerak di bidang usaha asuransi jiwa, sektor industri jasa keuangan. Pendirian entitas Bakrie Life berasal dari hasil akuisisi saham PT Asuransi Jiwa Centris (Centris Life) pada 24 Oktober 1996. Sebelumnya, Centris Life mengambilalih PT Asuransi Jiwa Summa (Summa Life) pada tahun 1993. Pada awalnya, Summa Life didirikan oleh pendirinya pada tahun 1990 di Jakarta.  

Bakrie Life tergabung dalam ‘Bakrie Group’, salah satu kelompok usaha berskala multi-nasional di Indonesia, didirikan pada tahun 1942 oleh seorang pengusaha nasional, H. Achmad Bakrie (alm). Dibawah naungan Bakrie Group tercatat sebanyak 40 perusahaan lebih yang bergerak di berbagai bidang usaha. Bidang usaha utama Bakrie Group antara lain meliputi sektor industri manufaktur, agroindustri, pertambangan batubara, pertambangan migas, real estate & property, infrastruktur, jasa konstruksi, jasa telekomunikasi & media televisi, investasi & jasa keuangan, perdagangan, pendidikan SDM dan lain-lain. 

Pasca krisis periode tahun 2000-2004, Bakrie Life melakukan konsolidasi dan reposisi basis usaha perusahaan. Periode berikutnya tahun 2005-2006, program konsolidasi terus berlanjut, namun lebih diprioritaskan pada revitalisasi kanal distribusi dan inovasi produk-produk asuransi yang lebih atraktif dan harus mampu menghasilkan keuntungan yang lebih baik. Keberhasilan program konsolidasi, reposisi dan revitalisasi tersebut menjadi modal strategis bagi Bakrie Life untuk memasuki babak baru ‘modernisasi’ infrastruktur dan sistem manajemen periode tahun 2007-2008 ke depan.

Sasaran tahap awal Perseroan adalah mengoptimalkan pertumbuhan dan memantapkan rencana ‘corporate action’ untuk mencatatkan saham Perseroan di bursa efek manakala situasi, kondisi dan momentum untuk merealisasikan rencana tersebut dinilai sudah tepat dan kondusif. Alhasil, selama periode 5 tahun terakhir (2003-2007) Bakrie Life mampu mencapai pertumbuhan yang menggembirakan di segala bidang. Prestasi tersebut telah mengantarkan Bakrie Life berhasil meraih sejumlah ‘award’ dari tahun ke tahun – dengan predikat sebagai ‘Asuransi Jiwa Terbaik’ dan ‘Asuransi Dengan Kinerja Keuangan Sangat Bagus’ di Indonesia berdasarkan versi: Majalah InfoBank, Majalah Investor, Harian Bisnis Indonesia, dan Majalah Media Asuransi. Sedangkan memasuki tahun 2008 Bakrie Life meraih piagam ‘The Best Life Insurance Company 2008’ dan sekaligus memperoleh trophy ‘The Best Life Insurance Company for Consecutive 5 Year Achievement’ keduanya dari Majalah Investor, dan memperoleh ‘golden award’ (untuk ketiga kalinya) sebagai ‘Asuransi Jiwa Dengan Kinerja Keuangan Sangat Bagus’ selama 5 tahun berturut-turut dari Majalah InfoBank.

Realisasi serangkaian program konsolidasi, reposisi dan revitalisasi tersebut telah terbukti menghasilkan kemajuan struktural yang sangat besar artinya bagi perkembangan kompetensi Bakrie Life selanjutnya. Konkretnya, fundamental usaha Bakrie Life kini semakin kuat dengan skala usaha perusahaan yang semakin besar. Hal ini sudah tentu berdampak positif terhadap meningkatnya nilai korporasi dan citra perusahaan Bakrie Life yang semakin membanggakan. 

Untuk periode tahun 2007-2008, kebijakan Bakrie Life difokuskan pada pengembangan sistem operasional, manajemen, modernisasi infrastruktur, dan mengintensifkan pengembangan SDM. Sejak Juni 2007 Bakrie Life menerapkan Sistem Manajemen Mutu ISO 9001:2000. Sedangkan sejak Juli 2007 Bakrie Life telah mulai membangun proyek modernisasi IT/Digital System yang dijadwalkan akan selesai akhir tahun 2008 mendatang. Seusai proyek IT, langkah Perseroan selanjutnya adalah rencana mengaplikasi Operating Management System ‘Balanced Score Card’. Dalam rangka untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas pelayanan, sejak tahun 2007 Bakrie Life mulai menerapkan tata-kelola perusahaan yang baik berdasarkan prinsip-prinsip ‘Good Corporate Governance’ (GCG) sesuai peraturan Bapepam-LK yang berlaku.  



Dalam jangka panjang kebijakan pokok dan langkah-langkah strategis Bakrie Life pada dasarnya adalah melakukan improvisasi dan pembaharuan terus-menerus, menciptakan etos kerja dan budaya kerja yang tinggi, serta meningkatkan nilai korporasi dan citra perusahaan. Sasaran utama kebijakan tersebut adalah untuk memperkuat kompetensi dan keunggulan daya saing perusahaan yang prima. Dengan demikian Bakrie Life akan mampu mewujudkan dirinya sebagai salah satu perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia – demi memenuhi ekspektasi Stakeholder – sebagaimana tercermin dalam visi, misi dan filosofi Bakrie Life. 



Strategi Objektif

Strategi :
Memberdayakan kompetensi perusahaan  dengan skenario perencanaan dan langkah-langkah strategis jangka menengah dan panjang yang berkelanjutan
 Objektif :
Memberikan keuntungan dan manfaat yang sebesar-besarnya bagi seluruh pemangku kepentingan atas investasi yang dipercayakan kepada perusahaan

Financial Report Semester I 2008

Pencapaian kinerja yang baik pada tahun 2007 yang lalu terus berlanjut sampai dengan pertengahan tahun 2008. Hal ini tentu saja patut disyukuri. Kalau pada tahun-tahun sebelumnya Bakrie Life telah berhasil dalam melakukan restrukturisasi produk, reorganisasi distribusi serta konsolidasi organisasi, administrasi dan pelayanan nasabah, serta penerapan Good Corporate Governance, maka tahun 2007 dan tahun 2008 adalah tahun usaha keras kami untuk lebih mempertajam penetrasi pasar. Untuk memenuhi harapan ini rekruitmen tenaga penjual terus dilakukan dan outlet distribusi terus ditambah.  
Hasil Operasi & Kesehatan Keuangan 
Pada periode Semester I 2008 Net Premium Income telah mencapai sebesar Rp 395M meningkat sebesar 117% dibanding periode yang sama tahun 2007 sebesar Rp 182M. Total Asset juga meningkat cukup baik sebesar 97% dari sebesar Rp 436M pada akhir Semester I 2007 menjadi Rp 859M pada posisi akhir Semester I 2008. Demikian pula Premium Reserve (dana pemegang polis) meningkat menjadi Rp 674M dari tahun sebelumnya sebesar Rp 318M atau meningkat 112%. Sedangkan Net Income naik sebesar 63% menjadi Rp 22,1M. Posisi keuangan Bakrie Life pada akhir Semester I 2008 menunjukkan posisi keuangan yang kuat dan sehat, dengan perbandingan antara Investments dan Premium Reserve lebih dari 100% yaitu sebesar 116%, dan tingkat Risk Based Capital (RBC) sebesar 125% diatas batas minimum yang ditetapkan Regulator sebesar 120%. Untuk mengantisipasi pertumbuhan yang begitu cepat, maka pada Triwulan III 2008, sebagai tahap awal bagi Bakrie Life berencana akan menambah modal melalui mekanisme pinjaman subordinasi.  Dengan pencapaian yang baik selama Semester I 2008, kami sangat optimis akan terus berlanjut untuk dapat memenuhi seluruh target tahun 2008. Kami juga percaya bahwa apa yang telah kami capai selama ini merupakan fondasi yang baik dan kuat dalam menghadapai tantangan dan kesempatan didepan yang sangat menjanjikan. Atas nama seluruh keluarga besar Bakrie Life, dengan ini kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh Nasabah kami yang telah memberikan kepercayaan dan support terus-menerus kepada Bakrie Life. Kami tetap berkomitmen untuk selalu memberikan produk yang bermanfaat, pelayanan yang terbaik dan terpercaya – kepada para Nasabah sebagai bagian dari profesionalitas. 



Condensed Financial Statements

Income Statements
1st Half
   1st Half        2007
2008


(Rp juta)
(Rp juta)

  Total Revenue
      491,829
     234,104


  Net Premium Income
      394,660
     182,318


  Investment Income
        96,459
      51,585


  Total Expenses
      469,692
     220,517


  Increase in Reserve
      180,960
      79,323


  Net Claims & Benefits
      184,341
     108,693


  Acquisition Cost
        84,049
      14,837


  Operating Expenses
        20,342
      17,664


  Net Income
        22,137
      13,587






Balance Sheets
End of 
End of
June 2008
June 2007


(Rp juta)
(Rp juta)

  Total Assets
      859,252
     436,591


  Investments
      784,060
     389,949


  Premium Reserve
      674,615
     318,456


  Equity & Subordination Loan
      171,932
     107,270







Financial Ratios
1st Half
1st Half

2008
2007






  Investments / Premium Reserve
116%
122%


  Net Income / Total Revenue
5%
6%


  Investment Yield - annualized
33%
26%


  Return on Assets - annualized
7%
6%


  Return on Equity - annualized
32%
25%






Tidak ada komentar:

Posting Komentar